Total Tayangan Halaman

Rabu, 20 April 2016

TUMBUHKAN NASIONALISME DAN CINTA TANAH AIR MELALUI UPACARA BENDERA

 SALAM BHABINKAMTIBMAS..........

Keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai Ideologi negara, kerelaan berkorban untuk negara, serta memberikan kemampuan awal bela negara. Rumusan tersebut sangat jelas tujuan dan sasarannya yaitu setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk mempertahankan kedaulatan negara, persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan wilayah NKRI. Namun demikian mengingat kemajemukan masyarakat dan keragaman budaya yang melatar belakanginya, maka pengertian bela negara mempunyai implikasi sosial budaya yang tidak boleh diabaikan.

Menanamkan kesadaran dan kepedulian segenap warga negara, melalui upacara bendera yang dilaksanakan secara rutin, adalah salah satu cara dalam menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda khususnya, pelajar Sekolah Dasar (SD).

Selaku Bhabinkamtibmas Desa Kerato, yang mendapat kesempatan menjadi pembina upacara rutin yang dilakukan setiap hari senin, merupakan kesempatan yang besar dalam menanamkan rasa cinta tanah air melalui himbauan.Cinta tanah air, merupakan perwujudan rasa bangga akan tanah airnya, rela berkorban untuk bangsa dan negaranya, dan menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsanya.
Rasa cinta tanah air dan bangsa yang terangkum dalam semangat patriotisme harus selalu tertanam dalam setiap sanubari.  Rasa nasionalisme yang dirasakan tidak sekuat dahulu, perlu digalakan kembali. Semangat inilah yang ingin juga ditumbuhkembangkan demi menciptakan generasi yang sangat mencintai tanah tumpah darahnya.

Cinta tanah air atau bela negara adalah tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu, dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia serta keyakinan akan kesaktian pancasila sebagai ideologi negara dan kerelaan untuk berkorban guna meniadakan setiap ancaman, baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa, keutuhan wilayah dan yurisdiksi nasional serta nilai- nilai Pancasila dan UUD 45.

Upacara yang dilaksanakan pada setiap hari senin, dimulai pukul 07.00 WITA diikuti oleh seluruh siswa dan guru.

 Perang terhadap Narkoba juga di himbau kepada siswa, dan guru SDN Sering
Menjaga mereka adalah tugas kita semua...............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar