Total Tayangan Halaman

Selasa, 26 April 2016

UPACARA BENDERA DI SDN KERATO

"Hai orang-orang yang beriman, taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kepada rasul-Nya dan kepada Ulil Amri dari (kalangan) kamu …” (An Nisa: 59)

 Salam Bhabinkamtibmas.....

Upacara rutin yang dilaksanakan pada hari senin, 25-04-2016 dimulai pukul 07.00, bertempat di SDN Kerato, yang diikuti oleh seluruh guru, staf karyawan dan siswa SDN Kerato 









 


                             
 Asslm.Wr.Wb
Yang terhormat Ibu Kepala SDN Kerato
Yang terhormat bapak/ibu guru dan staf SDN Kerato
dan yang tersayang anak-anakku sekalian

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Ridho-Nya sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengikuti kegiatan upacara pada hari ini.

Atas nama pimpinan dan pribadi, saya menyampaikan terima kasih telah diberikan kehormatan sebagai pembina pada upacara di sekolah,hari ini.

Pada pagi hari ini kita bersama-sama berkumpul di halaman sekolah adalah dalam rangka melaksanakan upacara bendera.
Upacara bendera sangat penting karena dengan melaksanakan upacara bendera berarti kita menghormati bendera negara RI. Seperti yang kita ketahui bahwa bendera adalah salah satu simbol negara. Ada beberapa simbol negara misalnya, garuda pancasila, UUD’45, bendera merah putih, presiden dan lain sebagainya, yang harus kita hormati, dan tidak boleh dijadikan bahan canda.
Upacara bendera melatih disiplin karena bila sudah ada aba-aba dari pemimpin upacara, maka seluruh peserta upacara mengikutinya. bila aba-aba istirahat di tempat maka semuanya istirahat di tempat. Bila aba-aba siap maka semuanya dalam posisi siap.

Disiplin adalah kunci sukses, sebab dalam disiplin akan tumbuh sifat yang teguh dalam memegang prinsip, tekun dalam usaha maupun belajar. Perlu kita sadari bahwa betapa pentingnya disiplin dan betapa besar pengaruh kedisiplinan dalam kehidupan, baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa maupun kehidupan bernegara.
 
Disiplin adalah salah satu karakter atau akhlak yang mulia. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa karakter adalah salah satu unsur pokok dalam kurikulum pendidikan Indonesia.
Anak-anak ku sekalian, sebagaimana kita ketahui bersama
Sekolah merupakan salah satu tempat pendidikan karakter bagi seorang anak, dalam mencetak generasi berprestasi, kreatif, dan berakhlak mulia, selain keluarga.
Sekolah adalah tempat menimba ilmu, membangun dan membina mental,budi pekerti, serta hubungan sosial di masyarakat.

Upacara rutin yang dilaksanakan setiap hari senin, merupakan salah satu media untuk membina kepribadian dan karakter siswa untuk mencintai bangsa dan Negara. Wajib bagi kita semua dalam menjaga nama baik sekolah dengan melaksanakan pendidikan yang benar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Berkenaan dengan itu saya menghimbau kepada seluruh warga SDN Kerato untuk mencegah dan menghindari perbuatan yang tidak terpuji, antara lain tindak kekerasan antar sesama teman, kebut-kebutan dijalan, merokok, nongkrong, perkelahian antar sesama teman. Saat ini Indonesia dalam kategori DARURAT NARKOBA, sehingga pemerintah melalui kepolisian gencar-gencarnya membrantas yang namanya Narkoba, baik pengedar, pemakai, dan kurir sampai ke akar-akarnya. Diperlukan pengawasan dan perhatian dari kita semua dalam menciptakan generasi yang bebas narkoba.

Anak-anaku sekalian..
Kebanggaan saya dan bapak/ibu guru apabila kalian berprestasi tinggi, membawa nama baik sekolah di tingkat kecamatan, kabupaten atau nasional. Untuk mencapai hal itu  kalian harus  rajin belajar, tekun dan disiplin, menghargai orangtua, bapak-ibu guru, dan saudara.
Hargailah waktu, karena waktu dan kesempatan tidak akan berulang dan datang untuk kedua kali. Jangan melanggar aturan sekolah dengan membolos, loncat pagar, berkumpul dipinggir jalan disuatu tempat. Saya juga mengingatkan bahwa jangan lagi ada siswa SD yang mengendarai kendaraan roda dua di jalan dengan kebut-kebutan..karena akan merugikan banyak pihak.Jadilah pelopor kesalamatan lalu lintas, karena hidup ini sekali.

Pergunakanlah waktu untuk kegiatan yang bermafaat, kegiatan sekolah pramuka, PMR, dll sebagainya.
Bapak dan ibu guru dan anakku sekalian
Keamanan dan ketertiban di sekolah merupakan kebutuhan, sehingga mari kita jaga sama-sama dengan aktif melakukan pengamanan, dan saya yakin bahwa semua anak murid SDN Kerato tidak akan melanggar aturan sekolah.
Saya menghimbau , terutama pada anak-anakku yang kelas 6, bahwa pelaksanaan Ujian Nasioanal sebentar lagi, saya berpesan agar kalian belajar yang sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang sesuai  dengan usaha, dan melanjutkanp kejenjang yang berikutnya terutama masuk ke SMP yang diinginkan. Demikian sambutan saya, dan mohon maaaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan.
Sekian terima kasih, Wass.



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar